Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

MENJALANKAN LINUX DAN WINDOWS SECARA BERSAMAAN

Bukan halangan bila hendak menjalankan linux dan windows secara bersamaan.tanpa mengganggu performance computer, PUTTY merupakan aplikasi yang menjadi pilihan tepat untuk melakukan ini.

Berbeda dengan aplikasi lain yang memiliki fungsi hamper sama, putty lebih praktis dan mudah digunakan. Dengan ukurang kurang dari 2 MB harddisk dan tak lebih dari 16 MB ukuran memory, menjalankan linux dan windows secara bersamaan bukanlah hal yang mustahil.

Putty tidak jauh berbeda dengan Remote Desktop Connection, keduanya sama sama digunakan untuk menjalankan computer secara remote (dari tempat berbeda/berbeda tempat). Beda keduanya terletak pada kemampuan berkoneksi dengan system operasi.

Remote desktop connection tidak dapat melakukan koneksi dengan linux, sedang putty dapat melakukan koneksi dua OS (system operasi) melalui port yang terbuka pada computer tujuan. Putty menyediakan empat protocol yang bisa digunakan guna melakukan koneksi, diantaranya adalah Telnet, SSH, Raw, da Rlogin.

Untuk dapat melakukannya, install terlebih dahulu putty pada computer windows, sebab windows tidak menyediakannya. Putty dapat di download melalui situs www.chiark.greened.org.uk/~sgtatham/putty/download.html.

Langkah berikut Adalah cara menggunakan putty untuk menjalankan computer linux dari windows secara bersamaan.
MULAI

LANGKAH 1
Klik start
LANGKAH 2
Pilih all program, disini akan muncul semua aplikasi yang terinstall
LANGKAH 3
Pilih putty
LANGKAH 4
Sebelum melakukan koneksi ke linux yang dituju, tidak ada salahya kita memahami fungsi dari fasilitas yang ada didalam putty dengan mengikuti langkah berikut.

PILIHAN MENU KATEGORI

LANGKAH 5

Dalam kolom kategori terdapat pilihan pilihan yang di gunakan untuk spesifikasi lebih lanjut terjadinya koneksi. Pilihan di dalam kategori diantaranya adalah session, terminal, windows, connection. Untuk tahap awal, yang perlu anda perhatikan adalah pilihan dari connection.
LANGKAH 6
Pilih connection pada connection pilihan dibagi menjadi 3, yaitu proxy, Telnet, Rlogin dan sub direktori yaitu SSH.

SETTING PROXY

LANGKAH 7

Klik proxy

Pada proxy terdapat konfigurasi yang di garis besarkan pada proxy basics dan misc.proxy setting.

LANGKAH 8
Proxy basic

Terdapat beberapa pilihan proxy type, proxy host, exclude host/lps, username, password.
Yang perlu diperhatikan ditahap ini adalah proxy type dan proxy host.
LANGKAH 9
Pilih none

Pada pilihan none lebih bersifat auto detection terhadap type proxy.
LANGKAH 10
Proxy host :Basic.komputek.com

Port : 3128

Seperti pada contoh, isikan nama proxy dan port sesuai dengan nama proxy dari jaringan yang sedang digunakan.

Pada setting proxy, sebenarnya dapat dilakukan penyetingan terhadap proxy tepat dilakukan ketika hendak berkoneksi sekaligus berselancar di internet dengan computer (linux) yang akan kita tuju.

MENGHUBUNGI LINUX KOLOM SESSION

LANGKAH 11
Pilih session

Pada session terdapat pilihan loging. Konfigurasi pada loging bisa tidak diisikan/lakukan.Di sebelah kanan dari session terdapat pilihan basic optionfor your putty session. Didalamnya terdapat dua fasilitas yaitu specify your connection by host name or Ip address dan load, save or delete a store session. Pada tahap ini tidak kita perlukan.

SPESIFIKASI ALAMAT + KONEKSI

LANGKAH 12
Hostname or IP : 192.168.5.5

Isilah hostname atau alamat computer linux yang dituju
LANGKAH 13
Protocol

Isilah protocol yang anda gunakan untuk melakukan koneksi. Untuk linux disarankan menggunakan protocol SSH (port 22), sebab SSH lebih aman.

Jika semua telah selesai dilakukan klik open

LANGKAH 14
Klik open.

Klik cancel jika ingin membatalkan koneksi
LANGKAH 15
Untuk tampilan pertama putty melakukan koneksi maka anda akan di hadapkan dengan pilihan yes atao no sebagai pilihan atas pernyataan key fingerprinting dari koneksi SSH. Jika anda setuju pilih yes, jika tidak pilih no. maka anda akan keluar dari putty
LANGKAH 16
Login dan password

Masukkan login dan password untuk bisa masuk kedalam linux yang anda tuju. Dalam linux, login setara dengan administrator dalam windows adalah root.
LANGKAH 17
Kita ciba denaganmembuat perintah dasar linux. Membuat directori dengan perintah mkdir, atau melihat isi dari directori dengan perintahdir di windows.
LANGKAH 18

Ketikkan exit pada terminal linux untuk keluar dari penggunaan putty.

Jadi dapat di buktikan bahwa sistim operasi linux dapat dijalankan dari windows tanpa berpindan tempat.

Menurut anda tentang blog ini?