Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Menghemat Memory PC Untuk Program Adobe Photoshop 6.0 & 7.0

Tentu sangat menyebalkan ketika anda tengah mengejarkan sebuah proyek tiba-tiba muncul pesan “Your Scratch Disk is Full” di layar. Arti pesan ini adalah anda tidak memiliki cukup memory untuk menyelesaikan proyek tersebut. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari pesan tersebut dengan melakukan penghematan memory. Semakin besar ukuran file proyek yang anda kerjakan, secara otomatis memory yang anda butuhkan akan semakin besar. Jika anda merasa jumlah memory anda berada dalam jumlah yang terbatas sedangkan file yang dikerjakan cukup besar, anda bisa melakukan beberapa cara yang hemat. Salah satu contohnya adalah ketika anda ingin menyalin sebagian gambar dari proyek satu ke proyek yang lain. Ada beberapa cara yang dapat anda pilih, seperti menggunakan fasilitas Copy & Paste, atau Drag & Drop.

Alternatif pertama, yaitu memilih bagian gambar yang akan dipindahkan, kemudian melakukan copy & paste ke obyek yang lain. Cara ini merupakan langkah yang paling banyak di pilih. padahal dengan melakukan cara ini, hasil copy sementara akan masuk ke dalam clipboard sehingga mengurangi kapasitas memori. Cara yang lebih hemat adalah memindahkan langsung bagian gambar yang sudah dipilih tersebut dengan menyeretnya (drag) dan kemudian menjatuhkanya (drop) kelembar proyek yang lain.

Cara lain untuk menghemat penggunaan memori adalah dengan mengubah setting History pallette. Aktivitas yang anda lakukan pada proyek anda secara otomatis akan tercatat pada History pallette. History pallette berguna ketika anda ingin mengulang atau membatalkan beberapa aktivitas yang telah anda kerjakan.

Secara default Photoshop akan merekam sampai 20 langkah yang anda lakukan. Untuk menghemat, anda bisa mengurangi jumlah langkah yang tercatat tersebut dengan mengubah setting History pallette pada preferences. Klik Edit – Preferences – General. Pada kolom History states, ganti angka Default 20 dengan angka yang lebih kecil, sebagai contoh 10, dan kli Ok.

Jika antisipasi sudah anda lakukan tetapi anda masih menerima pesan bahwa memory sudah penuh, cara lain yang bisa di tempuh adalah menghapus daftar History pallette. Untuk membebaskan memory anda dari file-file History, klik aktivitas atau langkah terakhir pada History pallette, dan klik icon bergambar tanda panah di bagian kanan atas History pallette. Kemudian pilih Clear History.

Jika bekerja dengan beberapa lembar proyek yang masing-masing memiliki rekaman history, ada cara lebih cepat untuk menghapus sekaligus semua History tersebut. Klik Edit – Purge – Histories, maka dilayar akan muncul kotak dialog yang akan mengingatkan anda bahwa proses ini tidak dapat dibatalkan. Jika anda sudah yakin klik Ok.

Semua aktivitas yang tercatat pada setiap History pallette, kecuali aktivitas terakhir, akan terhapus. Jika anda merasa kurang aman dengan cara ini, sebaiknya anda lakukan penghapusan satu per satu.

Itulah tadi cara-cara yang dapat anda lakukan bila mendapat masalah yang sama dengan yang telah diterangkan diatas.

Menurut anda tentang blog ini?