Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Mendisable Service pada Windows Vista.

Tidak beda jauh dengan versi sebelumnya, di Vista pun fungsi Service masih tetap ada. Service-service yang ada di Vista juga dapat di atur. Jika anda sudah terbiasa menggunakan sistem pengaturan service pada XP, maka pengaturan di Vista tidak banyak mengalami perubahan.

Tersedianya fitur Manage Service ini, akan memudahkan user untuk mengatur, seperti mengaktifkan atau menonaktifkanya.

Service Control.

Semua pengturan service dalam Vista di handle dalam sebuah aplet Service Control Panel. Bila nada mengunakan box dari installasi Vista terbaru, kemungkinan tidak terdapat banyak perubahan untuk bisa mengatur perubahanya.

Ikutilah beberapa langkah di bawah ini yang menggunakan model Control Panel Terbatu pada Vista.

  1. Klik tombol Start
  2. Dari Start menu, pilih Control Panel.
  3. Dari Control Panel ini, pilih opsi System and Maintenance.
  4. Pada halaman System and Maintenance, klik Administrative Tools.
  5. Dari halaman Administrative Tool, klik dua kali opsi Services.
  6. Selanjutnya akan muncul jendela User Access Control yang melakukan verifikasi apakah anda mengijinkan untuk membuka Applet Service Control Panel, klik tombol Continue. Bila anda tidak menemui peringatan tad, berarti anda tidak mempunyai hak akses ke fasilitas tadi ,dan anda harus login sebagai Administrotor.
  7. setelah itu anda bias masuk ke Applet ServiceControl Panel.

Penagturan Service.

Di dalam Applet Service, bias di lihat banyak sekali service yang di sediakan, tapi anda bias melihat catatan untuk Statua dan Startup Typpe untuk masing-masing Service. Saat sebuah service berjalan maka akan tampat pada list dengan tanda Started di kolom status.

Bila komlom status tadi kosong , itu artinya service tidak berjalan. Anda jugag bias menentukan atau memperhatikan kondisi pada kolomStartup type, untuk masing-masing service ini hanya memiliki satu set dari empat pilihan yang di sediakan. Empat pilihan tadi adalah:

  1. Automatic : Service akan bekerja saat system melakuakn boot. Bila anda merasa service tersebut tidak di perlukan, maka anda bias menghentikanya.
  2. Automatic (Delayed Start) : pilihan yang masih identik dengan pilihan Automatic, tapi service ini tidak langsung di aktifkan saat booting system. Ini adalah pilihan terbaru dari Vista dimana nanti Vista bias meminimalisir resource system.
  3. Manual : pilihan manual ini tergantung penuh pada user, dan tidak akan aktif saat boot-up dan akan bekerja bila di aktifkan user.
  4. Disabled : pilihan ini akan menghentikan kinerja Service. Mungkin di rasa tidak di perlukan.

Sebenarnya ada perbedaan yang cukup nyata, untuk beberapa perbedaan pilihan diu atasantara Disable dan tiga pilihan lainya. Mungkin anda berfikir bila di set manual, maka service tadi tidak bekerja, tetapi sebenarnya pilihan untuk setting manualpada dasarnya tetap di jalankan oleh Vista.

Untuk benar-benar agar service itu berhenti bekerja, maka pilihanya adalah Disable. Untuk men Disable sebuah service ikutilah beberapa cara di bawahini.

  1. klik dua kali pada nama Service yang di inginkan, selanjuutnya akan tampil jendela Propertiespada service tadi.
  2. Perhatikan pada list start-up type.
  3. klik anak panah bawah pada box Start-up Type dan pilih Disable.
  4. Klik tombol Ok.

Setelah selesai, anda bias melihat perubahan pada kolom Start-up Type untuk status service.

Menurut anda tentang blog ini?