Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

MENCARI DOCUMENT NON HTML DENGAN MEMAKAI FITURE FILE TYPE PADA GOOGLE

go.jpg

Anda tentu sudah sangat mengenal dengan yang namanya google (www.google. Com) google adalah salah satu searc engine terbaik yang didirikan oleh lerry page dan sargey brin ini terbukti menjadi salah satu search engine yang sangat diminati oelh pengunjung ,bukan hanya karena hasil pencarianya yang baik tetapi juga menawarkan layout web yang sederhana dengan meminimalkan penggua image / gambar dan juga meniadakan iklan berbentuk banner image. Halk ini membuat google menjadi salah satu search engine yang cepat dalam memberikan hasil pencarian.

Melalui tulisan anda akan mengetahui salah satu fitur pencarian menarik pada google. Di harapkan anda bisa semakin memaksimalkan pengguanaan google sebagai search engine favorite anda dalam mencari berbagai macam informasi yag anda inginkan.

te.jpg

Fitur menarik yang di maksud adalah file types. Dengan fiture ini maka anda bisa mencari dokumen – dokumen lain selain HTML misalnya dokument adobe portable,dokument format pdf ,dll. Sampai dengan tulisan ini google bisa mencari 12 macam dokumen no-HTML yaitu:

1.adobe portable document format (pdf)

2.adobe postscript (ps)

3.lotus 1-2-3 (wk1 ,wk2 ,wk3 ,wk4 ,wk5 ,wki ,wks ,wku)

4.lotus wordpro (lwp)

5.mac write (mw)

6.microsoft exel (xls)

7.microsoft power point (ppt)

8.microsoft word (doc)

9.microsoft works (wks ,wps ,wdb)

10. microsoft write (wri)

11. rich text format (rft) text (ans ,txt)

ok,anda sekarang anda pasti bertanya bagaimana caranya mengggunakan fiture file types google ini. Ikuti contoh berokut ini:

misalnya anda ingin mencari informasimengenai data base management dan anda ingin hasil pencarian tersebut berupa file file – file powerpoint (ppt) maka anda cukup memasukkan key word pada search google seperti berikut ini :

“data base management filetype:ppt”

dari gambar diatas terlihat hasil pencarian dari keyword “data base management filetype:ppt” dan google akan menampilkan URL yang langsung mengarah pada file ppt nya. Selain itu terdapat pula fasilitas VIEW HTML nya pada setiap hasil pencarianya dalam format format html dan ini berguna sebagai sarana preview sebelum anda benar – benar mendownload dokument hasil pencarian tersebut.selain itu fasilitas “VIEW as HTML” juga berguna untuk mencegah virus macro yang biasanya terdapat dalam pada document microsoft office.

Menurut FAQ (freqeuntly asked question ) dari google bahwa saatini tyoe file yang paling populer yang tersedia di internet adalah dalam format adobe portable document format (pdf)

Dari sini kita bsa simpulkan bahwa fitue file types google ini sangat berguna sekali bagi anda yang sedang mencari referensi suatu paper, presentasi ,document surat ,conth spread sheet dan lain sebagainya.

Berikut ini ada beberapa contoh keyword untuk mencari dokument dengan format tertentu di internet dengan memakai fiture file types google dan di sertai kasus singkatnya.

1.ingin mencari document ms exel yang mengandung kata “project time line” maka gunakan keyword “project time line filetype:xls”

2. ingin mencari document ms word yang negandung kata “business letter sample” ,maka gunakan keyword “business letter sample filetype:doc”.

3.dll

jika anda menginkan hasil pencarian google tidak file non-html maka caraya mudah, anda cukup memberikan tanda minus sebelum kata “filetype:ppt”contoh : database management -filetype:ppt.

maka segera saja gunakan google untuk mencari segala informasi yang anda butuhkan.

Menurut anda tentang blog ini?