Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Mengenal Istilah Dalam Komputer

Dalam dunia komputer banyak di jumpai istila yang terkadang tidak di mengerti .dalam ulasan berikut akan di sajikan beberapa istilah komputer yang sering di gunakan . untuk memehami istilah-istilah tersebut sangatlah gampang sebab komputek menyajikan dalam artikel berikut.

ASCII

ASCII atau American Standart Code for Information Interchange merupakan standart perkodean karakter yang menjadi standart perkodean internasional untuk setiap komputer di dunia.

ATX

Merupakan model motherboard dan powersupply pc terbaru . power supply ATX memiliki memiliki output 3.3,5 dan 12 volt.salah satu ciri ATX lainya adalah pada saat melakukan shutdown ,komputer ssecara otomatis itu mati (tanpa perlu mematukan komputer lagi).

Attenuation

Penurunan daya sinyal pada pengiriman data /informasi berlangsung besarnya di ukur dalam satua decible(db)

Applet

Biasa dikenal dengan java applet, merupakan suatu program komputer yang telah dikomplikasi menjadi bytecode yaitu suatu keadaan program yang dapat di eksekusi langsung .program ini akan di eksekusi oleh Java Virtual Machine. Yang bisa berupa browser seperti nescape.

Banner

Slah satu bagian dalam halaman web yang berisi iklan yang biasanya meiliki bentuk ukuran standart yang berbentuk pixel .

Baud Rade

Adalah jumlah data yang dapat di transfer melalui sebuah interface serial

Backbone

Saluran utama (tulang punggung) penghgubung antar network pada suatu daerah / area yang jaraknya saling berjauhan

Bandwidth

Adalh kecepatan maksimal yang dapat di gunakan untuk melakukan transmisi data antar komputer antar jaringan /internet.

Beta Version

Istilah yang biasa digunsksn oleh psrs pengembang software untuk memberi status pada software nya .beta version artinya soft ware tertsebut telah melalui uji pabrik (alpha version) ,tapi masih perlu diuji coba oleh tester atau orng luar. Beta version merupakan tahap akhir sebuah software sebelum dilepas kepasaran publik.

Bnc T Conector

Terminal segitiga untuk penghubung kable coaxial RG 58 pada jaringan ethermet.

Bookmark

Suatu catatan elektronik didalam browser yang berisi alamat –alamat yang kita senagi

Bounce

Pengembalian bagian- bagian e-mail karena suatu eror yang terjadi pada proses pengantaranya .

Binary

Suatu sistem penomeran yang hanya mengenal angka satu (1) dan nol (0).

Bridge

Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa buah segmen jaringam koputer (LAN) yang sama ataupun berbeda., misal jaringan ethernet dengan tokenring ,lebih cepat dari pada router dan kebih handal ,karena paket yang didapt akan langsungdikirim kealamat yang dituju tanpa ada proses penganalisaan /pengecekan dan tanpa routing kembali .

Broadband

Adalah salah satu kategori dari jenis network berdasar brandwidth.contoh yang termasuk broadband seperti ATM (ashyncronus transfer mode) atau pun cable modem.

Byte

Singkatan dari binary term juga sautan untuk muatan data dimana besarnya 1byte=8bit.

Collisin

Adalh suatu kondisi yang terjadi bila dua buah device mengirim data pada saat bersamaan akibat kejadian ini adalah hilangnya data.

CCITT

Singkata dari Comite Consultatif Internasional Teleponeque et Telegraphi ,sebuah organisasi dibawah organisasi induk ITU (International Telkomucation Union) yang mengatur stndarisasi dalam dunia telekomunikasi.

Coaxial

Suatu jenis kabelyang menggunakan dua buah konduktor .pusatnya berupa inti kawat padat yang di lingkupi oelh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh selaput kawat konduktor .jenis kable ini bisa digunakan untuk jaringan dengan bandwidth yang tinggi .

Cookie

Suatu file yang disimpan kedalam harddisk anda ketika mengakses halaman homepage tertentu .file ini seringkali berisi informasi seperti kebiasaan surfing anda,danpilihan apasaja yang telah anda lakukan, pada kunjungan berikutnya home page akan mengenali anda

Directori Caching

Merupakan salah satu feature dari Novell Netware yang bertujuan untuk men ing kat kan performance. Dalam direktori ini salinan FATdan direktori entry table dituils dalam memory server jaring .

Directory Hasing

Merupakan suatu metode pengindeksan lokasi file pada suatu disk sehingga dapat mempercepat waktu yang diperukan untuk mencari letak file pada disk tersebut.

Database

Merupakan suatu himpunan file yang terhubung secara logik yang memiliki common acces .semua besaran ditujukan pada beberapa sistem yang berhubungan. Sebuah database dapat memiliki beberapa data item yang bisa dipasang kedalam banyak tipe perekaman yang berbeda.

Dialup Conection

Koneksi antara dua komputer yang memaki saluran komputer dan modem.konoksi dial up merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet.

Disk Mirrorong

Suatu dari novell netwae yang bertujua n untuk melindungi data dari kesalahna hardware jaringan .dengan disk mirroring semua data pada harddisk di duplikasikan pada harddisk kedua pada saluran yang sama. Semua penulisan pada disk pertama akan dilakukan pada disk ke dua . jika harddisk pertama mengalami masalah ,disk kedua secara otomatis akan mengambil alih.

DNS

Domain Name Sistem adalah suatu sistem untuk memetakan Ipadress dan nama host ,dan untuk sarana bantu penyampain e-mail (email routing).

Downlink

Dapat diartikan sebagai saluran untuk mengirim data keluar (kesuatu server ke inter net).

Download

Adalah prosesuntuk mengambil file dari internet.

Downstream

Suatu bentuk transmisi (pengiriman signal) dari server kepada “end user” atau orang yang mengakses ke server ,transmisi downstream dapat terjadi didalam lalulintas jaringan seperti LAN ,dsb .yang berakhir di “end user” tadi lawan dari down stream adalah “upstream” .

E-mail

Singkatan dari Elektronik Mail.yang merupakan cara berinteraksi para pengguna komputer dalam berkirim surat melalui internet.

Emoticon

Singkatan dari “Emotion Icon” lambang atau gambar yang mempermudah untuk bercakap saat kita berchating ria terutama untuk mengekspresikan diri.

Encryption

Penyandian data untuk keamanan data .

End system

Adalah suatu device dalam sistem komunikasi yang berfunngsi sebagai sumber atau tujuan akhir suatu data.

Ethernet

Adalah kabel jaringan dan skema protokol acces yang dibuat oleh DEC,Intel,Xerox.

Tatapisekarang yang utama memasarkan adalah DECdan 3Com.

Errata

Nama kode kesalahan program yang pada linux sehingga server yang memakai OS ini harus mengupgrade beberapa filie sistem agar tidak dapat disusupi oleh orang-orang jahil

Menurut anda tentang blog ini?