Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Tips And TRik`S Komputer

I. Tips mengembangkan Control Panel pada Windows XP

Control panel sering sekali digunakan oleh para pengguna komputer, karena boleh dikatakan sebagai pusat control Windows. Pada saat instalasi Windows Xp, menu Control Panel akan tampak sebagai sebuah link pada menu Start. Anda tidak akan tahu isinya jika anda tidak membukanya terlebih dahulu. Akan lebih baik lagi jika daftar menu pada Control Panel langsung terlihat ketika anda menyorotnya dengan mouse. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan anda. Pertama klik kanan pada taskbar dan klik “Properties”. Pilih tab “Start Menu” dan klik “Customize” di sebelah kanan bagian “Start Menu”. Setelah jendela “Customized Start Menu” muncul, pilih tab “Advanced”. Lihat “Control Panel” pada kotak “start Menu Item” dan beri tanda di bagian “Display As a Menu”. Klik OK untuk keluar dan tutup jendela taskbar properties. Apabila anda memilih “Control Panel” pada “Start|Control|Panel” akan terlihat langsung menu yang terdapat di dalamnya.

II. Tips special folder di Windows Xp yang tidak dapat di akses

Jika anda mengalami masalah dimana special folder yang terdiri atas beberapa folder penting seperti folder Fonts, Printer ataupun Network Neightborhood tidak dapat diakses, kemungkinan besar karena file “desktop.ini” anda rusak. Cara termudah adalah dengan menggunakan program TweakUI. Anda tinggal masuk ke menu “Repair” dengan satu klik, masalah anda langsung terpecahkan.

III. Tips mempercepat sistem dalam jaringan untuk Windows 98,Me dan XP

Mungkin suatu waktu anda merasa komputer di kantor berjalan lambat ketika mulai masuk dan bekerja dalam jaringan. Masalah ini dapat mengganggu anda tentunya, karena proses tukar menukar data yang seharusnyalancar menjadi terhambat. Waktu kerjapun menjadi mulur. Masalah ini timbul karena pada saat komputer mulai terhubung dengan jaringan, sistem secara otomatis akan menganalisa dan mencari folder-folder dalam jaringan berikut printer. Hal inilah yang menghambat laju komputer dalam jaringan. Unutk menanggulanginya, anda dapat menonaktifkan fungsi tersebut. Dalam jendela Windows Explorer buka menu “Tools|Options”, pastikan pada tab “View”. Hilangkan tanda centang pada “Automatically search for network folder and printers”. Kemudian klik “OK” untuk menutupnya.

IV. Tips meng-copy nama key registry dengan mudah untuk Windows 98,Me dan 2000

Seringkali pengguna membutuhkan nama sebuah key registri Dari database registry untuk keperluan dokumentasi, atau untuk Pembuatan listing program. Akan tetapi karena banyak penamaan Key yang panjang dan susah untuk diketik, banyak pengguna yang Mengeluh dan pada akhirnya sering salah dalam mengetik key registry. Dengan trik sederhana berikut ini, anda dapat mengatasi hal tersebut dan sekaligus menjamin bahwa penulisan nama tidak akan salah. Pertama, jalankan Registry Editor melalui menu “Start|Run”. Pada kolom Run, ketikkan “regedit” dan kemudian tekan tombol “Enter”. Dalam jendela registry database yang muncul, klik key Yang anda inginkan, lalu klik kanan dan pilih menu “CopyKeyName”. Langkah selanjutnya jalankan program teks berbasiskan Windows (seperti Notepad dan Wordpad), lalu tekan tombol kombinasi [shift+Insert]

V. Tips mempercepat tampilan sub menu di Windows XP

Pada tips kali ini saya akan memberikan informasi cara mempercepat tampilan sub menu di Windows XP. Maksud dari mempercepat tampilan sub menu adalah sbb : Jika kita klik menu START kemudian kita arahkan mouse ke menu seperti SEARCH,SETTINGS,DOCUMENTS dan PROGRAMS, maka akan tampil sub menu di kanan menu tersebut. Tolong anda perhatikan sub menu tersebut akan tampil dalam beberapa saat. Dalam tips ini saya akan ajarkan kepada anda bagaiman sub menu tersebut dapat tampil lebih cepat yaitu : 1. Klik menu START 2. Pilih RUN 3. Pada baris OPEN ketik REGEDIT kemudian klik OK 4. Double klik (klik 2 kali) menu HKEY_CURRENT_USER 5. Double klik menu CONTROL PANEL 6. Double klik menu DESKTOP 7. Cari dikolom sebelah kanan “MenuShowDelay” kemudian double klik 8. Rubah “Value Data” dengan angka 0 atau 10 kemudian klik OK 9. Setelah selesai anda tutup menu REGEDIT tersebut dan restart komputer Setelah selesai anda akan lihat perbedaan tampilan sub menu tersebut akan lebih cepat tampil.

VI. Tips menghilangkan password Windows untuk Windows 98

Masalah keamanan tentu menjadi suatu masalah penting dan menjadi prioritas, tidak terkecuali masalah keamanan dalam berkomputer. Bagi anda yang seringkali bekerja atau mengolah data penting, pengamanan data menggunakan password menjadi pilihan utama. Sistem operasi Windows memiliki fasilitas password yang akan berguna bagi yang memang memerlukannya. Akan tetapi disisi lain, bagi home user yang kemungkinan PC-nya disisipi atau digunakan orang lain sangat kecil, penggunaan password tidak akan berguna. Jika demikian, sebaiknya hilangkan saja tampilan password windows. Tidaklah begitu sulit mengjilangkan tampilan password Windows. Melalui “Start|Run” masuklah ke “System.ini”. Tuliskan “system.ini” pada field “Open”. Dalam “system.ini” hapuslah bagian perintah “[Password Lists]” (beserta isi perintahnya). Setelah dihapus, melalui “Windows Explorer masuklah pada direktori “C:Windows”. Cari file yang berekstensi “.pwl” dan hapus. Selanjutnya restart komputer anda. Untuk kesekian kalinya password Windows masih muncul. Pada pilihan tersebut klik “OK”. Dengan memilih “OK” untuk selanjutnya setiap kali anda menjalankan Windows, tampilan dialog password akan hilang. Dengan cara ini anda akan terhindar dari gangguan tampilan password.

VII. Tips memperlancar aplikasi lama dalam Windows XP

Walaupun anda telah menggunakan XP sebagai sistem operasi sehari-hari, namun kadangkala anda masih perlu menginstal beberapa aplikasi yang belum sepenuhnya dapat berjalan secara sempurna dalam XP. Mungkin aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik apabila anda menggunakan versi Windows sebelumnya, seperti Windows ME atau 98. Namun jangan khawatir, XP telah menyertakan fasilitas emulasi untuk aplikasi tersebut, sehingga aplikasi dapat berjalan dengan lancar dalam XP. Untuk melakukannya klik kanan pada shortcut aplikasi dan pilih “Properties”. Pada jendela yang terbuka klik tab “Compatibility”. Selanjutnya anda tinggal memilih versi Windows mana yang cocok untuk aplikasi anda pada option “Run Mode for Compatibility Mode For”. Lalu klik tombol OK untuk menyetujuinya.

VIII. Tips mendeteksi dan memperbaiki kerusakan ringan pada komputer

1. Komputer tidak dapat on / hidup sama sekali • Biasanya kerusakan pada power supply, jika bukan power supply yang rusak, maka kemungkinan besar dari Motherboard 2. Komputer bisa on / hidup tetapi tidak tampil gambar di monitor sama sekali • Biasanya masalah di Memory, coba anda cabut memory dan anda bersihkan bagian kakinya (yang terdapat semacam tembaga) dengan penghapus pinsil. • Jika masih bermasalah anda lakukan pembersihan juga pada card (kartu) misal VGA, SOUND, ETERNET CARD, dll sama seperti membersihkan memory menggunakan penghapus pinsil. • Jika masih juga bermasalah maka kemungkinan terbesar adalah Motherboard 3. Komputer bisa on / hidup tapi hanya sebatas tampilan bios atau yang biasa kita lihat tampilan text yang berisi informasi besarnya memory, harddisk terdeteksi, dll tapi tidak mau masuk ke windows. • Kemungkinan terbesar dari masalah ini adalah windows anda rusak, anda lakukan restore jika anda mempunyai backup windows atau reinstall windows.

IX. Tips menyortir menu prorgam menurut abjad

Seringkali setelah kita menginstall suatu program, maka program itu akan muncul di paling bawah. Kita dapat mengurutkan menu program berdasarkan abjad dengan cara yang sangat sederhanan. Klik “Start|Programs”, lalu arahkan mouse anda pada salah satu menu yang ada, kemudian klik dengan tombol kanan mouse dan pilih menu “Sort by Name”. Segera setelah itu, susunan semua menu akan diatur menurut abjad.

X. Tips untuk komputer dengan processor Prescott

Pada tips kali ini saya ingin memberikan informasi kepada anda khususnya yang menggunakan komputer dengan processor Prescott ( Cache memory processor 1 MB). Processor Prescott akan mengeluarkan panas yang lebih besar daripada komputer dengan processor bukan prescott. Bila panas terlalu berlebih maka bisa mengakibatkan kerusakan pada Motherboard anda terutama pada CHIPSETnya yang akan terbakar. Chipset yang terbakar tidak digaransi oleh hampir semua supplier Motherboard (anda dapat baca di petunjuk kartu garansi Motherboard) Saya sarankan agar komputer anda diberikan kipas casing / fan casing tambahan minimal 1 buah, lebih baik lagi jika lebih.

Menurut anda tentang blog ini?