Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Mengatasi Pemblokiran XMLRPC oleh Mod_security

blogdesk-error500 Kemarin Indra baru saja selesai menginstall WordPress di tempat hosting barunya. Berbeda dengan tempat hosting sebelumnya, di sini dia tidak bisa memposting melalui BlogDesk, blog editor yang selama ini biasa dia gunakan. Saya pun turut mencobanya, ternyata memang begitu, menghasilkan Error 500, internal server error. Begitu juga ketika mencoba menggunakan Windows Live Writer.

Saya kemudian mencoba melihat error log yang dihasilkan ketika BlogDesk atau WLW mengakses. Dari situ diketahui jika masalahnya karena mod_security yang digunakan webserver Apache memblok akses ke file xmlrpc.php yang ada pada Wordpress karena nama file mengandung string "xmlrpc". Saya mencoba agar mod_security tidak diberlakukan melalui pengaturan pada file .htaccess.


SecFilterEngine Off

Ternyata hal tersebut juga tidak dimungkinkan oleh server.

Kemudian saya meng-copy file xmlrpc.php dengan nama lain. Saya mencoba BlogDesk dengan mengganti RPC Address dengan alamat file baru tersebut, dan ternyata dengan cara ini berhasil. Saya informasikan ke Indra hal ini, dan saya lihat sekarang dia sudah mulai memposting kembali entry-entry lamanya yang sempat hilang karena masalah di tempat hosting lamanya.

Menurut anda tentang blog ini?