Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Informasi praktis untuk mencegah virus

Dulu (beberapa bulan yang lalu) ada beberapa informasi yang diberikan oleh komunitas internet mengenai cara mencegah virus :


  1. Non aktifkan automatic send and recieve. Guna mencegah kalau virus mau mengirimkan dirinya dia tidak otomatis terkirim sehingga antri dulu di outbox dan kita setiap mau klik send/recieve lihat outbox dulu. Hal ini terbukti membantu ketika saya sempat terinfeksi satu virus lokal yang ngantri (resiko usaha... harus cobain semua virus :( ) di outbox dan sempat saya cegah .... untungnya virus lokal tersebut attachmentnya besar sehingga ngga sempat terkirim dan membuat malu.
    Tetapi sekarang virus baru seperti Klez menggunakan setingan mailserver sendiri dan kalau gagal dia bisa cari mailserver diluar sehingga hampir tidak mungkin untuk dicegah dan kiat di atas jadi ngga laku ....
  2. Ada juga yang memberikan saran buat satu username dummy dengan awalan ! dan kosongkan sehingga kalau virus cari ke address book akan gagal.
    Tetapi sekarang virus udah canggih, selain cari ke addressbook dia cari di temporary internet files atau sluruh file di komputer untuk dapatkan email.
  3. WSH, nonaktifkan windows scripting host agar virus yang manfaatkan WSH (waktu itu) tidak otomatis jalan.
    Resep ini cukup manjur untuk mencegah Sircam tetapi virus baru sekarang
    juga ngga perlu WSH untuk menyebarkan dirinya.

Begitulah perkembangan virus yang sangat dinamis ini sehingga metode yang hari ini laku untuk mencegah virus akan dihindari / diakali oleh pembuat virus lain sehingga anda harus selalu keep updated, salah satunya ikuti berita terakhir mengenai virus.

Dua saran yang sampai saat ini masih laku (belum basi) adalah :

  1. Update selalu software anda secara teratur dari security hole.
    Security hole akan selalu ditemukan, karena itu anda perlu secara teratur mengupdate security hole dengan patch yang disediakan oleh vendor anda.
    Menurut pendapat saya, software MS mungkin diklaim paling banyak SHnya tetapi tidak bisa dipungkiri merupakan software yang friendly user dan aling banyak dipakai, disamping itu walau ada SHnya yang penting kan dari MS cepat dan tanggap segera memberikan update jika ditemukan security hole. Saran menggunakan eudora atau mail client yang lain menggantikan Outlook saya pikir kurang valid karena sekarang virus juga menyerang dari Browser dan jaringan :(.
  2. Install antivirus dan update secara teratur.
    Ini hal yang selalu disebutkan tapi yah memang itu hal terbaik yang dapat dilakukan karena vendor antivirus khan selalu mengikuti perkembangan virus terakhir dan segera memberikan update pengenal setiap kali ada virus baru yang datang. Ibaratnya kalau musuh kita menyerang setiap saat, kita harus punya pertahanan yang bertahan setiap saat.
    Karena itu saya juga condong menyerankan agar menggunakan antivirus yang melakukan update secara otomatis, jangan manual. Jangan gunakan antivirus bajakan karena update otomatisnya kemungkinan besar tidak akan berhasil karena SN antivirus yang dibajak dengan mudah dapat diidentifikasi oleh vendor antivirus (kecuali anda download manual) ... tapi pertanyaannya .. apakah virus menyerang ketika anda ingat update ??
    Tidak, virus akan menyerang ketika anda lupa / alpa update.


Sumber : Alfons

Menurut anda tentang blog ini?