Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

mengakses e-mail dengan beberapa PC sekaligus

Bagaimana caranya supaya bias mengakses e-mail dengan beberapa PC sekaligus? Baik yang dirumah maupun di kantor / di WARNET tanpa kehilangan mail tersebut?

Onno W. Purbo

Beberapa teman saya tampaknya cukup kaya & memiliki laptop, PC di rumah, PC di kantor untuk akses ke Internet. Serunya seringkali teman-teman ini kebingungan karena kalau e-mail sudah di akses oleh salah satu PC / laptop maka e-mail tersebut akan hilang dari server mail di Internet dan tidak bias di akses lagi oleh PC / laptop yang lain.

Kenapa masalah tersebut terjadi? Hal ini terjadi karena default setting pada perangkat lunak e-mail yang umumnya kita gunakan adalah sesudah kita mengambil mail dari server, maka perangkat lunak tersebut akan mendelete (membuang) semua e-mail yang sudah kita ambil tsb dari server. Akibatnya bila laptop kita sudah mengambilnya maka PC yang lain yang ada di kantor waktu mengambil sudah kehilangan mail sebelumnya karena sudah di ambil oleh laptop kita.

Bagaimana caranya supaya laptop & PC di rumah tidak mendelete mail yang sudah kita ambil dari server? Maksudnya supaya PC & laptop membiarkan mail itu ada di server selama beberapa hari sebelum mendelete-nya. Pada kesempatan ini saya menggunakan Microsoft Outlook Express sebagai contoh, tentunya untuk perangkat lunak yang lain tidak akan berbeda terlalu jauh prinsip-nya tetapi lokasinya mungkin berbeda jauh.


Yang perlu kita lakukan hanya meng-clik properties dari sambungan ke Internet pada laptop & semua PC yang kita gunakan supaya tidak mendelete mail dari server, artinya “Leave a copy of messages on server”.


Properties tersebut pada Microsoft Outlook Express dapat dilihat pada bagian Tools à Accounts à Properties à Advanced. Kita dapat “Leave a copy of messages on server”. Pilihan lain yang dapat kita lakukan setelah meninggalkan copy message di server, kita set berapa hari mail akan disimpan di server dalam contoh di gambar di set mail di simpan hanya 5 hari. Mail juga di set supaya di buang dari server kalau mail tersebut dibuang dari “Deleted Items”.

Menurut anda tentang blog ini?