Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Cara Membuat Commments Box (Kotak Komentar)

Comments Box atau Kotak Komentar adalah suatu kotak yang berfungsi untuk memberikan komentar terhadap isi dari suatu artikel dalam sebuah weblog. Jika di Wordpress.com kotak komentar tersebut akan langsung muncul tepat di bawah artikel. Namun tidak halnya di Blogspot/Blogger, kotak komentar dilayanan blog ini hanya berupa link yang kemudian baru akan muncul kotak komentar bagi pengunjung yang mau memberikan komentar terhadap artikel tersebut, hal ini menyebabkan para komentator sedikit enggan untuk melakukannya karena merasa malas untuk membuka window baru yang tentu saja akan memerlukan sedikit waktu untuk membukanya. Sehingga para pengguna layanan Blogspot lebih sedikit menerima komentar dibanding dengan para pengguna layanan Wordpress.

WARNING : KARENA BANYAK BLOGGER YANG GAGAL MENGGUNAKAN TRIK INI DAN JUGA ADA YANG KEHILANGAN POSTINGNYA, JADI ANDA HARUS MEMBACKUP DULU TEMPLATE ANDA. YANG GAGAL MEMAKAI INI MUNGKIN KARENA ADANYA KETIDAKCOCOKAN DENGAN TEMPLATE YANG DIGUNAKAN. JIKA TERJADI HAL-HAL YANG TIDAK DIINGIINGINKAN SEGERA KEMBALIKAN TEMPLATE ANDA YANG LAMA. TAPI BANYAK JUGA KOK YANG BERHASIL, SEMOGA BERUNTUNG

Tapi bagi kamu yang memakai layanan Blogspot tidakperlu khawatir lagi karena trik berikut ini akan mengulas bagaimana caranya menambahkan kotak komentar atau comments box sehingga menjadi kotak komentar yang ada di Wordpress yaitu persis berada dibawah artikel caranya adalah dengan menggunakan layanan di http://www.haloscan.com. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menggunakan layanan ini yaitu "komentar-komentar terdahulu akan hilang", jadi pikirkanlah dulu sebelum kamu memakai layanan ini. Kalau kamu sudah yakin mau menerapkannya maka berikut ini dalah caranya:

  1. Buka website http://www.haloscan.com.

  2. Daftarkan diri kamu di website tersebut.

  3. Setelah selesai lalu Login dengan username dan password yang sama dengan pada saat mendaftar.

  4. Setelah login berhasil maka akan muncul beberapa menu. Pertama-tama pilih menu setting. Didalam menu Setting ada beberapa pengaturan yang harus disi silahkan atur sesuai dengan keinginanmu. Supaya kotak komentarnya muncul dibawah postingan, ganti status "open in popup window" menjadi "off". kamudian simpan.

  5. Langkah selanjutnya yaitu pilih menu Template. Silahkan pilih mana yang kamu sukai, sebaiknya sesuaikan dengan warna blog kamu kemudian simpan.

  6. Langkah berikutnya yaitu pilih menu Install

  7. Beri tanda pada radio button di samping tulisan Blogger or Blogspot lalu klik Tombol Next

  8. Klik Tombol Brows , silahkan pilih file template yang sudah dibackup. Kalau belum silahkan backup dulu. Jika belum tahuh caranya backup klik disini

  9. Klik tombol Upload Blogger Template.

  10. Jika sudah berhasil klik tombol Download New Template kemudian di save.

  11. Login ke Blogger/Blogspot

  12. Pilih Template kemudian klik menu Edit HTML

  13. Untuk Upload template klik tombol Brows. Masukkan template yang sudah didownload dari haloscan tadi lalu Upload kemudian simpan setting.

  14. Coba buka buka web blog kamu dan lihat hasilnya. Sekarang kamu sudah mempunya kotak komentar seperti yang ada di wordpress.
  15. Trus gimana caranya nampilin komen-komen terbaru biar bisa kelihatan di sidebar? caranya gampang, yiatu kembali ke haloscan trus pilih dashbord nha disitu kan ada recent comments trus dibawahnya ada link tulisannya gini "put this widget on your site" nha kamu klik link tersebut, setelah itu dibawahnya akan muncul kotak yang berisi kode. Copy kode tersebut dan pasang di blog kamu, gampang to?

  16. Selamat Mencoba... SEMOGA BERHASIIIIILLLLLL

Menurut anda tentang blog ini?