Selamat Datang Orang Gila !!! .:: Welcome Lunatic ::.

Install phpBB [openSuSE 10.2]

Karena demi kenyamanan anda dalam berkomunikasi maka terciptalah sebuah penemuan yang di temukan oleh mas James Atkinson [sok kenal]. Beliau itu yang membuat sebuah CMS yang biasanya di gunakan sebagai alat bantu untuk membuat sebuah forum yang dinamakan dengan phpBB.phpBB merupakan paket forum internet yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP. Nama “phpBB” merupakan singkatan dari PHP Bulletin Board dan tersedia dalam GNU General Public Licence sehingga didistribusikan sebagai freeware. Nah jadi ada nih 1 CMS yang bener2 khusus untuk membuat forum :D.

Bagi anda yang mau membuat forum atau suatu website yang di buat untuk sarana berdiskusi dengan teman 1 organisasi atau dengan teman sekantor. Tapi kalau mau di gunakan untuk berkomunikasi dengan pacar rasanya ga mungkin karena phpBB akan mempublishnya kepada umum :D . Maka kalau anda mau berkomunikasi dengan pacar anda maka gunakanlah aplikasi yang pertama kali dibuat oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems yaitu aplikasi yang di sebut dengan java. dan java biasanya di gunakan untuk aplikasi Hp jadi kenapa harus ribet ma pacar SMS aja donk kan murah :D.

Cape ah becanda terus sekarang kita langsung saja menuju ke materi kita berikutnya yaitu tahap persiapan untuk meng-install phpBB. Apa saja yang kita butuhkan untuk berhasil meng-install phpBB di linux OpenSUSE? gampang itu. Cara yang pertama adalah km sekarang install package Apache2, MySQL, udah deh kalau untuk paket detilenya km bisa lihat sendiri deh nanti. Setelah semua paketnya terinstall dengan dan sudah anda jalankan. Maka langkah berikutnya adalah anda installasi phpBB nya.

Berikutnya km coba untuk download apliasi phpBB di sini cari yang extentionya .tar.gz karena kan ini untuk linux. Setelah selesai proses download maka langkah berikutnya adalah extrack file tersebut dan masukan ke webserver anda

#tar -zxvf phpBB-2.0.22.tar.gz
#mv phpBB2/ /srv/www/htdocs/

Kemudian setelan phpBB tersebut di letakan di tempat yang semestinya yaitu di directory web server maka langkah berikutnya adalah anda membuat database yang akan anda buat untuk database phpBB. Sebagai contoh anda sekarang membuat database yang dinamakan forum. Anggap saja database yang anda butuhkan sudah anda buat dan masih baru tanpa ada campur tangan database lain. Kemudian langkah berikutnya adalah anda masuk ke web browser dan panggil directory yang bersangkutan. Misalkan anda mengubah nama folder phpBB dengan nama forum maka anda panggil dengan http://localhost/forum maka akan keluar tampilan instalasi. dan di dalamnya ada beberapa yang harus anda isi dimana yang harus anda isi itu adalah:

Default board language: bahasa yang akan di gunakan untuk tampilah phpBB tersebut
Database Type: Databse apa dan versi berapa yang kita gunakan
Choose your installation method: Metode yang akan kita gunakan apa. Install atau Upgrade
Database Server Hostname / DSN: Hostname yang mau kita gunakan
Your Database Name: Nama database yang telah anda buat tadi
Database Username: User Name MySQL yang anda miliki
Database Password: Password MySQL yang anda miliki
Prefix for tables in database: Awalan nama tabel yang akan ada di dalam database anda
Admin Email Address: Masukan alamat e-mail anda
Domain Name: Masukan nama domain anda. Ya bisa di bilang hostname juga sih
Server Port: Port yang mau digunakan. Kayaknya ga perlu di ganti default aja
Script path: Nama directory yang anda gunakan
Administrator Username: Username yang nanti akan di jadikan sebagai administrator
Administrator Password: passwordnya
Administrator Password [ Confirm ]: Password lagi

Setelah semuanya di isi maka seterusnya anda klik start install untuk memulai instalasi phpBB nya. terus kemudian akan muncul adalah menu untuk men-download file config.php. Anda save as file itu di dalamnya berisi semua script MySQL yang akan menjadi akhir dari proses instalasi kemudian setelah di save as kemudian anda pindahkan file tersebut ke ke dalam directory /srv/www/htdocs/.

#mv config.php /srv/www/htdocs/

Setelah proses pemindahan file tersebut selasai maka tahap berikutnya adalah menghapus beberapa folder yang sudah ga di butuhkan lagi yaitu folder install dan contrib. terserah anda mau di delete atau hanya di rename saja.Beres deh install nya. Coba deh anda buka di web browser.

http://localhost/forum/

Selamat Mencoba….

Menurut anda tentang blog ini?